Yuk Ternak Ayam Kampung Unggul

Ayam Kampung UnggulAYAM KAMPUNG UNGGUL — Meski produksi ayam pedaging dan ayam petelur terus membanjiri pasar Indonesia, namun popularitas Ayam kampung baik daging maupun telurnya tetap menarik minat masyarakat. Tidak heran jika komoditas daging dan telur ayam kampung aku keras di pasaran. Yang menjadi kendala bagi para peternak ayam kampung adalah masalah produktifitas ayam kampung yang dikenal rendah sehingga kurang menguntungkan dari segi bisnis. Misalnya saja produktifitas telur yang hanya mencapai 30% saja atau dalam setahun hanya memproduksi 120 butir telur. Bagi peternak ayam kampung pedaging, pertumbuhan ayam kampung yang lambat juga menjadi kendala.

Para peternak ayam kampung secara tradisional membudidayakan ayam kampung dengan cara umbaran dan diberi makan seadanya dari sisa-sisa limbah rumah tangga, sehingga tidak pernah menghitung profitnya. Namun bagi peternak yang menggantungkan hidup dari ternak ayam kampung tentu harus berfikir keras agar ayam kampung bisa ekonomis.

Latar Belakang Ayam Kampung Unggul

Ayam Kampung unggul atau disingkat Ayam KUB merupakan kepanjangan dari Ayam Kampung Ungggul hasil seleksi Balai Penelitian Ternak. Ayam Kampung Unggul ini merupakan salah satu jawaban untuk mengatasi permasalahan peternak ayam kampung. Dilatar belakangi oleh semangat menjadikan Indonesia menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri terhadap pemenuhan bahan pangan asal ayam ,PT Ayam Kampung Indonesia (AKI) bekerja keras mewujudkan Ayam Kampung Unggul.

Upaya untuk mewujudkan Ayam Kampung Unggul sebenarnya sangat memungkinkan, karena Indonesia memiliki banyak sumber daya genetik ternak ayam dan beragam macamnya. Namun, hingga saat ini peternak ayam kampung masih menghadapi kendala dalam pembibitan, baik dalam kuantitas maupun kualitasnya.

Didukung oleh pengalaman AKI selama 40 tahun dalam masalah pembibitan ras, Ayam Kampung Unggul menjadi salah satu solusi bagi peternak ayam kampung di Indonesia. Dalam menjalankan usaha pembibitan (breeding farm) yang berlokasi di Sukabumi, AKI bekerjasama dengan lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia, serta bermitra dengan pemerintahan daerah.

Kelebihan Ayam Kampung Unggul

Ayam Kampung unggul ini diproduksi untuk keperluan ayam kampung petelur dan ayam kampung pedaging. Melalui proses seleksi dan pemuliaan genetik ayam kampung dihasilkan ayam kampung unggul ini dengan berbagai kelebihannya.

Pada ayam kampung unggul petelur jika dikomparasi, produksi telur ayam Kampung non-seleksi hanya mencapai rata-rata 29% namun dengan sistem seleksi ditingkatkan menjadi rata-rata 50% pada generasi ke-6 dengan sifat mengeram yang menurun menjadi 10%.

Puncak produksi telur mencapai 84% pada umur ayam 31 minggu. Bobot telur pertama bertelur seberat 30 g/butir akan bertambah terus sampai 36 g/butir pada akhir bulan kedua berproduksi, sehingga sudah siap untuk dibuahi dan ditetaskan.

Populasi ayam KUB di Balitnak Ciawi, Bogor setiap tahun tidak lebih dari 300 ekor induk dan 150 ekor jago. Perkawinan dilakukan dengan inseminasi buatan yang dilakukan setiap hari Senin dan Kamis dalam setiap minggu.

Telur-telur fertile diinkubasi dan ditetaskan di komplek laboratorium ayam di Balitnak. DOC yang menetas, kemudian di tampung dalam kandang-kandang kawat koloni menunggu pembeli yang sudah terdaftar antri mengambil anak-anak ayam mereka.

Untuk keperluan ayam kampung pedaging, dari usia DOC Ayam Kampung Unggul sampai usia umur 10 – 12 minggu dapat mencapai bobot potong 0,8 – 1,0 kg/ekor. Sesuai dengan perkembangan, pasar daging ayam kampung menempati permintaan lebih tinggi ketimbang produk telur. Selain itu keunggulan ayam KUB ini Bobot hidup ayam, konsumsi kumulatif ransum, dan efisiensi penggunaan ransum (FCR) per ekor meningkat dari minggu per minggu.

Tertarik dengan ternak ayam kampung unggul ini, bisa kontak:
08151 777 1234
Ruko BSD sektor 1.2. Blok RC 3 / 8 BSD City
Tangerang Selatan 15318 Banten – Indonesia
Telp : +62 21 53 88 222
Fax : +62 21 53 88 725
Email : aki@cbn.net.id
www.ayamkampung.co.id

Bookmark and Share

1 Response for “Yuk Ternak Ayam Kampung Unggul”

  1. susanto says:

    berapa harga DOC ayam kampung super? berapa minimal order

    Reply

Leave a Reply

Premium WordPress Themes

Premium WordPress Themes