Sukses Berkat Usaha Jamur Tiram

Peluang-Usaha-jamur-TiramPELUANG USAHA JAMUR TIRAM — Kelezatan rasa jamur tiram ternyata telah menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner. Selain itu jamur tiram yang memiliki kandungan kolesterol rendah menjadi alternatif pengganti daging. Tidak heran jika usaha jamur tiram ini menjadi peluang usaha yang patut dicoba. Usaha budidaya jamur tiram inilah yang mengubah kehidupan Kaiman asal Desa Bulukandang, Pasuruan, Jawa Timur menjadi pengusaha sukses dalam dunia jamur tiram. Dengan bendera usaha jamur Jatiman Food, usaha Kaiman tidak hanya sebatas budidaya jamur tiram saja tetapi juga pengolahanan aneka pangan berbahan dasar jamur tiram. Nama Jatiman sendiri merupakan singkatan dari Jamur Tiram dari Jawa Timur si Pak Kaiman.

Pada awalnya Kaiman , yang semula berprofesi sebagai supir truck ini tidak begitu tertarik dalam usaha jamur tiram. Kehidupannya saat itu serba sulit bahkan kehidupan negatif seperti berjudi, memalak kerap ia lakukan.

Pada masa sulit itulah ia diajak untuk mengikutii pelatihan budidaya jamur tiram pada tahun 2005. Pelatihan itu dendiri diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan Kewirausahaan Sampoerna (PPKS). Pelatihan yang berlangsung selama tiga bulan itu, awalnya belum meyakinkan dirinya jika jamur tiram bisa membawa perubahan bagi kehidupan ekonomi keluarganya. Namun lambat laun ia semakin mantap untuk menekuni usaha jamur tiram.

Setelah Kaiman mantap dengan usaha jamur tiram, ia mulai mengumpulkan modal untuk mendukung usahanya. Dari hasil gadai BPKB sepeda motor , ia bisa mengumpulkan modal 500 ribu rupiah yang dipergunakan untuk membeli bibit jamur tiram pada baglog.

Perlu Waktu Memperkenalkan Jamur Tiram

Hasil panen jamur tiram nampaknya belum selesai persoalan usaha Kaiman. Pada saat itu jamur tiram belum begitu dikenal di masyarakat. Ia perlu memberikan penjelasan mengenai manfaat mengkonsumsi jamur tiram. Ia terus menawarkan jamur tiram ke pasar-pasar di Pasuruhan sambil memwaba spidol dan kertas untuk meyakinkan pembeli mengenai jamur tiram ini.

Saat ini usaha budidaya jamur tiram Kaiman sudah jauh berkembang hingga ada di tiga wilayah yakni di Bali, Desa Bulukandang dan Desa Dayurejo, Pasuruan. Untuk membudidayakan jamur tiram, Kaiman harus menyiapkan serbuk kayu sebagai media pembibitan jamur tiram. Ia mendatangkan serbuk kayu langsung dari Jember, Jawa Timur. Konon, serbuk kayu dari Serbuk kayu yang paling pas untuk proses pembibitan jamur tiram adalah yang tidak terlalu lembab dan juga tidak terlalu kering. Setiap pekan, Kaiman mendatangkan sekitar 5 ton-6 ton serbuk kayu.

Hasil usaha jamur tiram yang Kaiman kelola cukup lumayan, setiap hari Kaiman memanen sekitar 5 kuintal-8 kuintal jamur tiram segar dari ketiga lokasi tersebut. Dari usaha jamur tiram ini, omzet Kaiman bisa mencapai Rp 300 juta – Rp 350 juta tiap bulannya dengan keuntungan bersih 30 persen, sisanya untuk biaya operasional.

Pasar Ekspor Usaha Jamur Tiram

Usaha jamur tiram ini ternyata tidak hanya dari dalam negeri saja. Menurut Kaiman hasil produksi usaha jamur tiram yang dia tekuni juga diekspor ke beberapa negara seperti Korea Selatan dan China.

Tidak hanya jamur tiram yang ia tekuni tetapi Kaiman mulai merambah usaha jamur kuping. Menurutnya pasar ekspor jamur kuping ke negara China, Korea Selatan dan Vietnam sangat besar. Sebulan permintaan ekspor ke Korea dan China mencapai 10 ton dan baru bisa dipenuhi 5 sampai 8 kuintal saja. Sedangkan permintaan ekspor jamur kuping ke Vietnam mencapai 5 ton.

Meski terbilang sukses dalam usaha jamur tiram ini, namun Kaiman tidak berhenti berkreasi dan terus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya. Belakangan Kaiman tak hanya menjual jamur tiram segar. Ia juga mulai mengolah jamur tiram menjadi berbagai camilan ringan. Misal, keripik jamur goreng, keripik jamur tepung, kue kepang jamur dan kue lidah kucing jamur.

 

 

Sumber:

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/07/26/0945513/Kaiman.Dulu.Sopir.Kini.Juragan.Jamur

Bookmark and Share

1 Response for “Sukses Berkat Usaha Jamur Tiram”

  1. fadi says:

    bagamana cara mencari bibitnya dan cara penjualan kepasaran ? terimakasih

    Reply

Leave a Reply

WordPress Themes

Free WordPress Theme