Peluang Bisnis Ternak Ayam Organik

ayam organikAYAM ORGANIK — Kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat membuat usaha makanan organik menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tidak hanya tanaman yang telah dilakukan dengan metode organik, tetapi juga pada ternak dan ungas. Ternak ayam organik kini menjadi peluang bisnis yang kian luas pasarnya. Hal ini seiring dengan permintaan pasar yang juga meningkat, karena kesadaran masyarakat mengkonsumsi daging ayam organik. Meski pasar untuk daging ayam organik ini masih banyak pada level konsumen kelas menengah ke atas , namun jumlahnya semakin meningkat. Selain itu harga daging ayam organik di swalayan dan pusat perbelanjaan relatif lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam biasa.

Apa Sebenarnya Ayam Organik?

Dari segi jenis bahan sebenarnya ayam organik tidak berbeda dengan daging ayam lainnya, sama-sama ayam, yang berbeda adalah kandungan bahan kimia dan zat-zat yang tidak menguntungkan bagi kesehatan manusia. Ayam organik bersih dari bahan kimia dan zat ber bahaya , seperti rendah kolesterol, rendah lemak dan lain sebagainya. Ayam organik bisa berasal dari ayam broiler maupun ayam kampung dan jenis ayam lainnya.

Ayam organik semenjak awal pemeliharaan sudah dilakukan perlakuan-perlakuan menggunakan cara-cara organik. Perlakuan oraganik misalnya saja sejak menetas ayam diberikan makanan-makanan organik selain itu untuk penanggulangan penyakit juga tidak menggunakan bahan kimia. Seluruh proses produksi ayam bebas dari bahan kimia dan rekayasa genetika, mulai dari pengembangbiakkan sejak dari benih, lingkungan, hingga pengemasan.

Pemeliharaan ayam organik sama sekali tanpa antibiotik, vaksin, dan hormon ,sehingga pada saat dilakukan uji laboratorium terhadap daging ayam organik itu tidak ditemukan bahan berbahaya misalnya pestisida. Selain itu daging ayam organik tidak mengandung residu antibiotik erytromycin, kanamycin, tetracyclin, penisilin, logam berat Arsen, Pb (timbal), maupun Cr (crom), serta bebas virus flu burung dan penyakit New Castle.

Keunggulan Usaha Ayam Organik

Secara bisnis ayam organik memang memiliki peluang yang besar. Kebutuhan daging ayam yang setiap tahun meningkat menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan, ayam organik lambat laun akan laris dan menggeser dominasi ayam biasa. Nah anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ayam organik sebagai usaha yang anda geluti.

Untuk pasar di Jakarta misalnya, segmen menengah ke atas atas yang ada yang ada di berbagai pusat perbelanjaan, seperti Ranch Market, Diamond, Foodmart dan lainnya, merupakan pasar untuk ayam organik ini. Di kota-kota lain banyak pula tempat-tempat yang bisa dijadikan pasar ayam organik.

Ayam organik mempunyai banyak keunggulan , selain dari harganya yang lebih tinggi dibandingkan harga daging ayam biasa, ayam organik memiliki serat yang lebih halus, dan lebih gurih. Ayam organik juga memiliki jumlah protein 2 kali lipat lebih tinggi dari ayam kampung biasa, sekitar 15,15 g/100 g. Secara fisik daging ayam organik berwarna kemerahan sedangkan daging non organik berwarna putih.

Berdasarkan hasil penelitian, kadar lemak ayam organik hanya 9,9%. Ini lebih rendah dari ayam konvensional yang berkisar 25%. Sedangkan kadar proteinnya mencapai 70,8%, lebih tinggi dari ayam lain yang hanya 18,2%. Perpaduan pakan probiotik dan ramuan herbal menghasilkan ayam organik yang banyak diburu pecinta kuliner sehat.

Bookmark and Share

1 Response for “Peluang Bisnis Ternak Ayam Organik”

  1. ufi says:

    Kalau pesan pakan herbal yg siap konsumsi kemana ya? Mohon konfirmasi

    Reply

Leave a Reply

WordPress Blog

Weboy