Peluang Bisnis Ternak Ayam Hias Kian Menggairahkan

ternak-ayam-hiasPELUANG BISNIS TERNAK AYAM HIAS — Ingin menjajal peruntungan dari usaha sampingan, mungkin anda bisa mencoba bisnis ternak ayam hias. Meski ternak ayam hias sudah banyak dilakukan orang semenjak dulu, namun saat ini ayam dengan aneka warna dan rupa ini sedang naik daun meramaikan bursa unggas di tanah air. Perhitungannya jika dibandingkan dengan ternak ayam konsumsi adalah pada kuantitasnya. Pada ternak ayam konsumsi untuk memperoleh keuntungan diperlukan jumlah yang banyak, namun dalam bisnis ayam hias bisa dalam jumlah sedikit asal memiliki kualitas yang bagus. Jadi bisnis ternak ayam hias cocok bagi yang memiliki lahan minim dan bisa sebagai usaha sampingan.

Ayam hias sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, sebut saja ayam serama, ayam ketawa,ayam kate, ayam batik kanada, ayam mahkota, ayam mutiara,ayam pelung dan lain sebagainya. Masing-masing jenis ayam hias memiliki keindahan dan kekhasan tersendiri. Untuk pemeliharaan relatif sama antar jenis ayam hias yang ada.

Salah satu pelaku usaha ternak ayam hias, Andi Wisnu Aji Warga Ambarketawang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, menuturkan kunci sukses untuk ternak ayam hias adalah rasa senang. Rasa senang dalam memelihara ayam hias merupakan modal dasar dalam ternak ayam hias sehingga bisa berkembang dengan cepat dan membawa keuntungan.

Andi sendiri di rumahnya membudidayakan berbagai jenis ayam hias seperti kate, ayam serama, mahkota, batik kanada sampai mutiara. Untuk pemasarannya tidak terlalu sulit, karena para penggemar ayam hias dan bakul sudah biasa datang langsung ke rumah untuk mengambil ayam hias hasil ternakannya.

Tips Sukses Ternak Ayam Hias

Tips agar sukses dalam beternak ayam hias menurut Andi, adalah pada perkandangan dan pola pemeliharaan. Agar ayam hias peliharaan tetap sehat kandang perlu dilakukan pembersihan secara periodik. Selain itu kandang juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup terutama di pagi hari.

Faktor lain yang mendukung keberhasilan usaha ternak ayam hias adalah pada makanan yang diberikan. Agar ayam sehat dan indah makanan harus mengandung gizi yang cukup. Beberapa pakan ayam yang bisa diberikan antara lain bekatul, nasi, beras merah, jagung dan pakan buatan pabrik. Untuk menambah kandungan gizi bisa juga diberikan irisan hijauan seperti daun pepaya, sawi, kangkung dan sayuran lain.

Agar ayam hias tetap sehat penting dilakukan langkah pencegahan terhadap penyakit. Untuk mencegah penyakit Andi sering memberi jamu pada ayam-ayamnya berupa parutan jahe dan kencur. Jamu ini bisa dicampur dalam pakan atau minuman. Bahkan diperas dan langsung diminumkan pada ayam. (/Krjogja)

Bookmark and Share

1 Response for “Peluang Bisnis Ternak Ayam Hias Kian Menggairahkan”

  1. ahmad says:

    artikelnya bagus…….
    AYAM BAGUS 2 Multy-Farm menyediakan berbagai ayam hias: Kalkun, Pelung, Ketawa, Kanada, Italy, Mahkota/Poland, Mutiara dll. 087 838 581 632 atau 0274-7141440

    Reply

Leave a Reply

Premium WordPress Themes

Free WordPress Themes