Strategi Marketing Untuk Usaha Kecil

Strategi MarketingSTRATEGI MARKETING USAHA KECIL — Memasarkan produk usaha kecil merupakan pekerjaan yang cukup berat. Apalagi jika dihadapkan pada kompetitor yang memiliki modal besar, karena biaya untuk marketing sebuah produk terkadang melebihi biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi. Namun bukan berarti anda sebagai pemilik usaha kecil tidak bisa bergerak untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Strategi marketing untuk usaha kecil memang berbeda dengan usaha besar. Kuncinya anda sebagai pemilik usaha kecil harus lebih kreatif dan inovatif dalam bersaing memperebutkan pasar. Jangan memaksakan diri untuk head to head bersaing dipasar melawan perusahaan raksasa, karena akan sangat berat.

Beberapa langkah berikut bisa anda lakukan dalam membangunstrategi marketing bagi usaha kecil anda:
1. Bekerja lebih cerdas

Banyak orang yang menganggap strategi pemasaran yang paling efektif adalah yang paling mahal, padahal belum tentu juga. Biasanya pengusaha yang baru mememulai bisnis kecil lebih menggunakan pemikiran yang cerdas untuk berfokus pada pada penyederhanaan.

Penyerdehanaan ini bisa dicapai dengan mengurangi produk yang tidak perlu, seperti meminimalkan anggaran promosi perdagangan, pemangkasan produk baru dan lain-lainya. Maka pemasar yang hebat harus bekerja lebih cerdas.

2. Menjangkau pasar global

Pengusaha yang berbasis pada bisnis kecil harus memperluas pemasaran baik di dalam maupun di luar pasar domestik. Coba luangkan waktu untuk mempelajari tantangan untuk melakukan bisnis di luar negeri dan mencari tahu bagaimana melayani pelanggan asing.

Perlu Anda ketahui juga World Wide Web telah memungkinkan setiap pemasar untuk membuat penawaran mereka secara global dan dapat diakses lewat internet. Jika Anda menjalankan bisnis ini belum global, maka Anda akan kehilangan kesempatan yang baik. Karena untuk pasar global peluangnya masih terus berkembang.

3. Berpikir di luar kotak ( Out Of The Box)

Dalam aturan usaha berpikir di luar kotak memang bisa diandalkan. Dalam berpikir dengan cara ini adalah berpikir dengan menggunakan perspektif yang baru di luar masalah yang ada.

Bisa di contohkan dalam usaha, strateginya tidak berfokus pada penurunan harga untuk memenuhi persaingan, tapi memberi nilai tambah untuk meningkatkan penggalaman pelanggan itu sendiri. Dalam strategi Nordstrom mengungkapkan berfokus pada kualitas pengalaman pelanggan dan bukan pada harganya yang sangat efektif.

4. Pertimbangkan aturan “80/20”

Hampir semua orang berusaha untuk mencapai keseimbangan dalam hal apapun yang mereka lakukan. Dan ini yang selalu disarankan dan direkomendasikan oleh kebanyakan orang. Namun, aturan 80/20 menunjukan ketidakseimbangan yang memiliki keunggulan tersendiri.

Percaya atau tidak, justru ketidakseimbangan proporsi inilah yang benar-benar dapat menghasilkan manfaat luar biasa jika mereka mampu merespon dengan baik.

5. Memanfaatkan kemajuan teknologi

Semakin banyak perusahaan yang mulai membuka situs web dan menggunakan fasilitas internet sebagai alat pemasar. Pada jaman sekarang internet sudah menjadi incaran bagi pebisnis untuk memasarkan produknya.

Beberapa perusahaan tradisonal dan pebisnis kecil sudah menggunakan internet sebagai alat pemasar yang handal dan banyak yang menuai kesuksesan.

6. Usahakan selalu dekat dengan pelanggan

Dekat dengan pelanggan adalah salah satu strategi dalam pemasaran. Semakin dekat berarti memerlakukan pelanggan atau klien seolah-olah mereka adalah mitra strategis bagi Anda. Hal ini penting untuk memuaskan mereka baik dari segi produk maupun jasa.

Perlu diketahui juga, pelanggan dapat dengan mudah mendeteksi ketidakpedulian dan ketidaktulusan yang dilakukan oleh para pemasar. Maka untuk jangka panjang, klien dan loyalitas pelanggan merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pebisnis jika mau menjadi sukses.

7. Menjaga klien yang sudah ada dan mendapatkan klien yang baru

Dalam mengembangkan usaha kecil harus terus menerus mencari pelanggan baru. Sekaligus juga bagaimana membuat suasana yang menyenangkan bagi pelanggan yang ada. Kebanyakan para pebisnis yang gagal dikarenakan tidak bisa mempertahankan dan memelihara pelanggannya.

Perlu diingat, salah satu kunci untuk pemasaran dan pertumbuhan dalam usaha adalah selalu memperhatikan kebutuhan dari pelanggan.

Dalam strategi marketing , dalam setiap waktu yang berbeda kondidi pasar, kebutuhan pelanggan dan strategi pesaing juga senantiasa berubah. Karena itu selalu melakukan update strategi marketing sangat penting bagi keberlangsungan usaha kecil.

Sumber:

http://www.marketing.co.id/blog/2012/07/30/strategi-pemasaran-yang-efektif-untuk-bisnis-kecil/

Bookmark and Share

Leave a Reply

WordPress Themes

Free WordPress Theme