Pahami 4 Dasar Marketing

Dmarketing mixASAR MARKETING MIX — Sebelum anda meluncurkan produk atau menjualnya kepada pasar tentunya ada beberapa hal mendasar yang telah menjadi pertimbangan. Karena harapanya setiap produk yang dijual akan laku diterima oleh pasar. Pada dasarnya ada empat hal pokok yang biasa menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan sebuah produk baru untuk diluncurkan di pasar. Perpaduan empat hal pokok dalam pemasaran tersebut (Marketing Mix) biasa disebut dengan 4P ( Product, Price, Place, Promotion).

Keempat hal tersebut merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam meluncurkan sebuah produk.
1. Prouct (Produk)
Produk merupakan variabel pertama dalam marketing Mix, menentukan produk adalah hal pertama yang dilakukan sebelum anda menentulan rencana pemasaran. Sebelum menentukan produk beberapa pertanyaan berikut perlu anda mengerti:
- Produk apa yang dijual ?
- Seperti apa kualitas produk yang anda jual?
- Feature apa yang membedakan dengan prosuk lain ?
Berdasarkan pada beberapa pertanyaan mengenai produk tersebut adan bisa menentukan beberapa variabel lain dalam marketing mix.

2. Pricing (Harga).
Harga suatu produk tergantung pada banyak variabel yang berbeda dan karena itu terus diperbarui. Pertimbangan utama dalam penetapan harga adalah biaya produk, biaya iklan dan pemasaran, fluktuasi harga di pasar, biaya distribusi dan lain-lain. Banyak faktor dapat mengubah harga sebuah prosuk. Jadi harga harus sedemikian rupa sehingga dapat menanggung beban perubahan untuk jangka waktu tertentu. Namun, jika semua perubahan variabel, maka harga produk harus meningkat dan menurun sesuai dengan kondisi.

Seiring dengan faktor di atas, ada juga hal-hal lain yang harus diambil dalam pertimbangan ketika memutuskan strategi harga. Kompetisi dapat menjadi contoh terbaik. Demikian pula, harga juga mempengaruhi targeting dan positioning suatu produk. Harga digunakan untuk promosi penjualan dalam bentuk potongan penjualan. Dengan demikian berdasarkan faktor-faktor ada beberapa strategi harga, salah satunya diimplementasikan untuk Marketing Mix.

3. Place (Tempat).
Tempat mengacu pada saluran distribusi suatu produk. Jika sebuah produk adalah produk konsumen, perlu tersedia sejauh dan seluas mungkin. Di sisi lain, jika produk tersebut adalah produk konsumen Premium, akan tersedia hanya di toko-toko pilih. Demikian pula, jika produk adalah produk bisnis, Anda membutuhkan tim yang berinteraksi dengan perusahaan dan membuat produk tersedia bagi mereka. Jadi tempat dimana produk didistribusikan, tergantung pada keputusan produk dan harga, serta keputusan yang diambil oleh perusahaan.

4. Promotion (Promosi).
Promosi dalam marketing mix meliputi komunikasi pemasaran yang lengkap terpadu yang pada gilirannya meliputi iklan serta promosi penjualan. Promosi bergantung banyak pada keputusan produk dan harga. Apakah anggaran untuk pemasaran dan periklanan? Apa panggung adalah produk di? Jika produk sudah benar-benar baru di pasar, perlu merek / produk promosi kesadaran, sedangkan jika produk tersebut sudah ada maka akan perlu promosi merek ingat.
Promosi juga menentukan segmentasi targeting dan positioning produk. Yang tepat promosi mempengaruhi semua yang lain tiga variabel – produk, harga dan tempat. Jika promosi yang dilakukan efektif, Anda mungkin harus meningkatkan titik distribusi, Anda mungkin bisa meningkatkan harga karena meningkatnya ekuitas merek produk, dan profitabilitas mungkin mendukung Anda dalam meluncurkan produk bahkan lebih. Namun, anggaran yang dibutuhkan untuk promosi luas juga tinggi. Promosi dianggap sebagai biaya pemasaran dan kebutuhan yang sama akan diambil dalam pertimbangan saat menentukan biaya produk.

Jadi seperti yang kita lihat dari penjelasan di atas, semua keempat variabel bauran pemasaran ini saling terkait dan saling mempengaruhi. Dengan meningkatkan harga produk, permintaan produk mungkin mengurangi, dan titik distribusi yang lebih rendah mungkin dibutuhkan.

Bookmark and Share

Leave a Reply

WordPress Blog

Premium WordPress Themes