Email Marketing Strategi Pemasaran Murah

email-marketingEMAIL MARKETING — Biaya untuk pemasaran mendorong para pemasar untuk lebih kreatif dan inovatif dalam melakukan strategi pemasaran. Salah satu upaya yang cukup populer dilakukan oleh pebisnis online maupun bisnis lainnya adalah Email Marketing atau Pemasaran dengan Email. Menurut survey di As strategi Email Marketing menempati urutan kedua yang dipilih oleh para marketer dalam mempromosikan bisnis online mereka, setelah Paid Listing pada berbagai mesin pencari. Meski Email marketing merupakan cara yang sudah cukup lama ditempuh, namun popularitas dan efektifitasnya masih cukup baik.

Salah satu yang menjadi keunggulan Email marketing adalah masalah biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran. Mengirimkan satu email kepada satu orang sama dengan mengirimkan ke ratusan orang, sehingga prospek pelanggan lebih luas bisa dijangkau. Namun ada sisi negatif juga, dengan mengirimkan mass emaildalam waktu bersamaan seperti ini bisa diangap sebagai spam. Maka anda perlu berhati-hati dalam hal ini.

Selain itu dalam menerima email yang berisi promosi dari pelaku Email Marketing terkadang tidak semua orang berkenan , karena merasa tidak membutuhkan informasi yang ditawarkan. Selain itu mereka merasa tidak diberikan pilihan untuk menerima atau tidak menerima email tersebut. Karena itu yang penting dipertimbangkan adalah pemilihan calon pelanggan yang akan dikirim email.

Kembali kepada pentingnya Email marketing, ternyata Email marketing masih tetap berada pada urutan atas, karena ternyata user juga menyukai email marketing. Hasil riset Quris mengenai perilaku pengguna email di AS menunjukkan 45 persen diantaranya menyatakan bahwa e-mail merupakan cara yang tepat bagi perusahaan untuk menjaga hubungan dengan pelanggannya.

Ada beberapa hal yang diharapkan orang dari Email Marketing ini yaitu mengharapkan respon langsung dan untuk menjaga hubungan baik antara produsen dan konsumen. Memang, mempertahankan pelangganlah yang menjadi perhatian utama para marketer saat ini.

Ada beberapa faktor yang membuat Email Marketing bisa menghasilkan manfat yang baik bagi bisnis anda , antara lain :
1. Perhatikan tujuan dari penawaran yang anda berikan kepada penerima.
2. Pastikan anda memilih penerima email marketing yang tepat, apakah penerima email sesuai dengan isi penawaran yang ada dalam email. Jika tidak sesuai antara penerima email dan isinya maka usaha anda sia-sia.
3. Desain Email anda yang menarik dan inovatif. Setalah anda menentukan target dan isi Email Marketing yang tepat, jangan lupa untuk membuat desain yang menarik dan inovatif sehingga penerima bersedia membaca penawaran hingga selesai.
4. Berikan pilihan untuk dikirimi email marketing pada web atau form lain, sehingga penerima secara sadar ingin dikirim berita-berita baru dan penawaran-penawaran baru.

Meski banyak orang yang kesal dengan masuknya Email Marketing pada inbox mail mereka, namun cara ini tetap efektif bagi strategi pemasaran. Berikan form untuk unsubscribe jika mereka tidak berkenan dengan email anda. Hal ini membuat mereka tetap nyaman dan bahkan tidak ingin unsubscribe dari database pelanggan anda.

Bookmark and Share

1 Response for “Email Marketing Strategi Pemasaran Murah”

  1. Heru says:

    wahai pemilik web yang baik hati, mohon petunjuk bagaiimana caranya membuat kolom unscribe pada email yang akan kita kirim ke para scriber. Mohon untuk di kirim ke email saya ya. Thx

    Reply

Leave a Reply

Free WordPress Themes

WordPress Blog