Cara Sukses Marketing

Sukses MarketingSUKSES MARKETING — Marketing atau pemasaran memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan atau produk sangatlah. Sebagus apapun produk yang dimiliki jika tidak bisa dijual oleh marketing dengan baik menjadi tidak bernilai apa-apa. Karena itu penting untuk dipertimbangkan bagaimana seorang marketing mampu menyusun strategi pemasaran dan menjual produk dengan efektif dan efisien. Untuk mendukung sukses marketing,t erkadang membutuhkan biaya yang sangat besar, yang tentunya hasil yang diperoleh juga diharapkan sebanding dengan pengeluaran.

Agar sukses dalam menjual sebuah produk oleh marketer, modal semangat saja tidak cukup, karena ada beberapa hal kunci yang wajib diketahui seorang marketer untuk mencapai keberhasilannya.

Berikut beberapa kunci yang bisa mendukung keberhasilan dan sukses dalam marketing:

1. Sikap Yang Optimis

Sikap optimis berarti jangan takut jika hendak melakukan prospek, tetap bersifat positive thinking dan juga tetap yakin bahwa produk atau jasa yang dijualnya pasti akan menemukan pembeli yang tepat.
Sekali dicoba gagal, coba dua kali. Dua kali gagal, coba tiga kali, dan seterusnya sampai menemukan pembeli yang tepat dan mencapai closing yang diharapkan. Seorang marketing PANTANG bersikap mudah menyerah dan patah semangat.

2. Good Attitude

Seorang staff  marketing harus memiliki perilaku yang baik dan terpuji. Jangan pernah menunjukkan muka masam di depan klien, atau jangan pernah berkata-kata kasar atau menunjukkan kekesalan baik ketika bertatap muka dengan klien maupun berbicara melalui telepon. Seorang marketing selalu harus bisa tersenyum dan memperlakukan klien dengan baik meskipun bisa jadi klien tersebut bersikap menyebalkan dan membuat kita kesal.

3. Bisa menyesuaikan diri

Seorang staff marketing harus bisa beradaptasi dengan baik dan menyesuaikan diri berdasarkan situasi yang ada. Dia harus bisa menempatkan diri dan juga mengenali karakter klien, serta memperlakukan kliennya sesuai dengan karakter klien tersebut. Seorang marketing bisa bersikap luwes dan juga bisa berkomunikasi dengan siapa saja.

4. Sabar dan rendah hati

Sepedas apapun keluhan yang dilontarkan klien, seorang marketing harus bisa sabar dan rendah hati, serta tidak menunjukkan sikap sombong dihadapan siapapun. Karena ingat, kita butuh uang dari klien kita, jadi jika terlihat sombong, maka akan sulit sekali mendapatkan closing yang diharapkan.

5. Tanggung jawab

Seorang marketer bertanggung jawab terhadap kesejahteraan konsumen, perusahaan, dan juga penampilannya. Kesuksesan seorang marketing ialah ketika ia mampu memperjuangkan kepentingan konsumen, memiliki loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan tempat dimana ia bekerja, dan juga bertanggung jawab untuk merawat dirinya dengan cara berpenampilan yang baik dan selalu rapi.

Seorang marketer yang baik bukanlah seorang yang hanya mengejar sukses semata dengan cara menipu konsumen atau melakukan cara yang tidak baik hanya demi uang. Tetapi seorang marketing yang baik sudah pasti bertanggung jawab atas kesejahteraan konsumen, perusahaan tempatnya bekerja, dan juga kerapihan dari penampilannya.

6. Komitmen

Marketer yang sukses memiliki komitmen yang kuat terhadap perusahaan tempat dimana dia bekerja. Dia memiliki usaha dan komitmen untuk mencapai target yang diberikan perusahaan tanpa rasa mengeluh, bahkan mau untuk memberikan lebih dari target yang telah diberikan kepadanya.

7. Berani berkorban

Seorang marketer yang baik harus berani berkorban untuk kesejahteraan konsumen. Ia tidak mau menjual produk atau jasa jika hal tersebut menipu atau merugikan konsumen. Ia juga berani melakukan segala cara yang positif agar mendapatkan keuntungan dengan cara-cara yang lurus.

8. Semangat

Agar sukses dalam marketing ,seorang marketer yang baik selalu bersemangat dan pantang patah semangat di dalam hidup. Bagi seorang marketer, dalam menjual produk dan jasa harus selalu bersemangat dan jangan pernah merasa lelah, karena semangat adalah pendorong yang kuat di dalam mencapai keberhasilan.

9. Disiplin

Sikap disiplin merupakan aspek penting dalam sukses marketing,seorang marketer harus memiliki sikap disiplin terhadap waktu. Baginya, setiap watu adalah kesempatan untuk mendapatkan closing yang diharapkan. Ia tidak akan menyia-nyiakan waktunya dan akan selalu memanfaatkan semua waktu yang dimilikinya untuk bekerja memasarkan produk atau jasa yang dipercayakan kepadanya.

Untuk mendukung sukses marketing, kunci keberhasilan marketing bukan sekedar dihafalkan, tetapi dijiwai dan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Jika itu sudah bisa dilaksanakan keberhasilan marketing ada di depan mata.

Sumber:

http://vibizmanagement.com/column/index/category/sales_marketing/2331/10

Bookmark and Share

Leave a Reply

Premium WordPress Themes

Free WordPress Themes