Cara Mengetahui Keinginan Pelanggan

Mengetahui Keinginan PembeliCARA MENGETAHUI KEINGINAN PELANGGAN — Salah satu hal penting dalam menentukan strategi marketing adalah mengetahui apa yang diinginkan oleh pelanggan. Mengetahui benar-benar secara riil bukan hanya berdasarkan asumsi yang dibangun oleh penjual. Dengan begitu produk yang dijual adalah benar-benar produk yang dibutuhkan pembeli, target pasar yang disasar sesuai dengan karakter produk kita. Dengan mengetahui apa yang diinginkan pembeli, orang akan membeli produk dan selanjutnya menjadi pelanggan. Jika pembeli sudah menjadi pelanggan, biaya pemasaran akan semakin murah. Untuk mengetahui keinginan calon pelanggan tersebut , harus dilakukan survey pasar sebelum launching produk.

Mengetahui keinginan pelanggan merupakan langkah yang cukup rumit dan penuh ketelitian. Karena berkaitan denga teknik pengambilan data, akurasi data dan keterampilan menganalisa data. Namun ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan terhadap sebuah produk. Yang intinya adalah mengetahui respon pelanggan terhadap sebuah produk yang aakan dijual. Berikut beberapa cara untuk mengetahui keinginan pelanggan:
1. Bertanya kepada Pelanggan.
Cara sederhana ini banyak dilupakan orang dalam menjual sebuah produk, penjual begitu yakin dengan asumsinya bahwa yang diinginkan adalah sesuai yang dia pikirkan. Padahal belum tentu. Contoh sederhana dari ini adalah seperti tukang potong yang selalu menanyakan model seperti apa yang diinginkan sebelum memangkas rambut.

2. Jadilah Pelanggan Dari Bisnis Anda sendiri
Memposisikan diri sendiri seolah-olah anda adalah pelanggan bisnis anda sendiri, memberikan pemahaman sudut pandang jika anda adalah pelanggan. Apa yang mereka rasakan, apa yang mereka butuhkan dari produk. Dengan begitu anda bisa menyesuaikan produk sesuai sudut pandang pelanggan.

3. Fokus Group
Fokus Group adalah representasi dari pelanggan anda secara keseluruhan, mereka memiliki tugas untk mengdentifikasi berbagai keinginan dan kebutuhan pelanggan.

4. Kuisinoner Dan Survey
Cara ini merupakan cara yang populer dilakukan untuk mengetahui keinginan pelanggan. Bentuk tertulis dari kuisioner dan survey ini merupakan cara yang dilakuka dengan menyebarnan kuisioner dan hasilnya dibuat analisa.

5. Statistik Pelanggan
Anda bisa menganalisa apakah pelanggan anda puas terhadap produk yang dijual atau tidak dengan melihat statistik mereka. Apakah mereka terus membeli dari Anda atau menggunakan produk Anda atau hanya sekali saja. Jika mereka terus kembali dan berulang-ulang berarti produk sesuai dengan kebutuhan mereka, jika tidak maka perlu dipertanyakan kembali.

6. Front Line Staff
Front Line staff merupakan orang-orang yang paling mengerti apa yang menjadi keluhan pelanggan. Jadikan Front Line staff sebagai orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Bagaimanapun sebuah produk dijual adalah untuk memenuhi keinginan pembeli. Pembeli tidak hanya mendapatkan produk yang tidak berguna, meski itu baik. Tetapi juga membeli produk yang diperlukan, sehingga ia menjadi pelanggan yang terus menerus membeli produk kita.

Sumber:

http://www.businessknowhow.com/marketing/customer-feedback.htm

Bookmark and Share

Leave a Reply

WordPress Themes

WordPress Themes