Usaha Keripik Nangka Yang Renyah

Keripik NangkaUSAHA KERIPIK NANGKA — Aroma manis nangka yang menggiurkan yang menyelimuti setiap sudut ruangan membuat setiap orang harus menahan ludah untuk mencicipi buah itu, apalagi di luar matahari bersinar begitu teriknya. Itulah yang dirasakan saat memasuki ruangan lokasi usaha keripik dan oleh-oleh khas Majalengka dengan merek dagang Ibu Popon. Usaha keripik nangka ini dikelola oleh Popon Suhaemah, ibu dua anak yang juga memproduksi keripik pisang muli, keripik salak, dodol pisang, dan emping jagung.

Dengan tiga mesin vacum dryer yang juga berfungsi untuk menggoreng buah, Popon membutuhkan pasokan buah sedikitnya 4 ton untuk membuat 400 kg keripik nangka setiap bulannya.

Hasil produksinya itu untuk memasok kebutuhan toko oleh-oleh di beberapa kota, seperti Indramayu, Kuningan, dan Bogor. Selain itu, juga untuk memasok produk ke beberapa pasar modem di Bandung dan Cirebon. Adapun, sisanya untuk dipasarkan sendiri di gerai oleh-oleh miliknya di Majalengka.

Selain itu usaha Keripik Nangka Popon, berhasil menembus pemasaran produk melalui pasar modem itu di Bandung dan Cirebon. Hebatnya, penjualan dan permintaan di dua wilayah itu cukup bagus, sehingga Carrefour di provinsi lain ikut tertarik menjual keripik dan dodol buatan Popon.

Usaha keripik nangka Popon bertekad menembus pasar eksport, namun untuk menembus pasar ekspor syaratnya seabreg. Mulai dari mampu mengirim barang secara berkesinambungan, hingga kualitas dari makanan olahan itu sendiri yang harus lulus standar tertentu. Syarat untuk ekspor keripik pisang misalnya, produk harus renyah dengan tingkat kematangan relatif tinggi. Selain itu kendala yang dihadapi adalah kapasitas produksinya saat ini masih relatif kecil karena minimnya bahan baku.

Usaha kecil keripik nangka ini sebenarnya memiliki prospek yang bagus, asalkan dikemas dengan baik. Kualitas produksi dan kuantitas yang konsisten juga berpengaruh terhadap usaha ini. Dalam pemasaran membangun jaringan dengan berbagai pihak penting untuk dilakukan.

Kontak Popon Suhaemah :
Jl Raya Cijati No 221, Komplek Pesantren Darul Falah, Kel. Cijati, Kab. Majalengka
Tlp: 0233 282373, fax 0233 283308

Sumber:

http://bisnis-jabar.com/index.php/berita/berkibar-dengan-keripik-nangka

Bookmark and Share

Leave a Reply

Free WordPress Theme

Weboy