Kiat Membuka Usaha Restoran

Usaha RestoranUSAHA RESTORAN — Bisnis kuliner memiliki ragam bentuk yang sangat banyak, salah satu usaha bisnis kuliner adalah restoran atau rumah makan. Ada banyak faktor yang membuat usaha rumah makan ataupun restoran bisa sukses. Salah satu faktor yang menentukan dalam usaha restoran adalah masalah menu makanan. Menu makanan merupakan hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan dalam membuka usaha restoran. Memilih menu makanan pada usaha restoran bukan semata-mata memilih kemewahan tetapi juga disesuaikan dengan segmen pasar yang dibidik.

Menentukan menu makanan dalam usaha restoran memerlukan perencanaan yang matang. Hal ini mengingat persaingan bisnis makanan sangat ketat. Meskipun pasar bisnis kuliner sangat besar, namun pembeli akan sangat selektif terhadap restoran yang memiliki reputasi baik dalam hal menu makanan. Tidak jarang dalam membuka usaha warung makan atau restoran perlu memerlukan konsultan.

Dalam merencanakan menu makanan yang akan disajikan dalam usaha restoran,hal penting yang dipertimbangkan adalah konsep yang akan dibawa dan segmen pasar yang akan dibidik. Segmen pasar akan memberikan gambaran kesesuaian menu dengan keinginan, kebutuhan dan kondisi pembeli.

Dalam menentukan menu beberapa orang yang perlu dilibatkan antara lain chef, restaurant manager dan owner yang akan menentukan nama menu yang akan direalisasikan oleh chef. Chef yang nantinya akan bertanggungjawab untuk standarisasi mutu masakan, seperti rasa, bentuk, serta besarnya porsi yang dibantu oleh cook helper dan waiter.

Dalam bisnis kuliner cita rasa masakan merupakan hal yang paling penting, karena itu chef harus bisa membuat konsep tersebut dalam menu-menu makanan yang disajikan dalam usaha warung makan atau restoran. Jika citarasa makanan sudah baik dan disukai oleh pembeli, mereka akan kembali dan merekomendasikan usaha restoran anda kepada orang lain.

Selain menu makanan yang memiliki citarasa yang oke, faktor lain adalah masalah variasi menu makanan. Untuk menarik pembeli perlu dilakukan penambahan menu-menu khusus pada hari-hari yang khusus pula. Hal ini selain memberikan nuansa yang berbeda juga akan menjadi ajang promosi bagi usaha restoran anda.

 

 

 

Sumber:

http://www.bisniskuliner.com/strategi-menentukan-menu-restoran.html#

Bookmark and Share

Leave a Reply

WordPress Themes

Weboy