Kiat Bisnis Makanan Ringan

Bisnis Makanan RinganBISNIS MAKANAN RINGAN — Setiap kita mengunjungi sebuah daerah tidak jarang kita menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh berupa makanan ringan. Makanan ringan memang peluang usaha kuliner yang fleksibel dari segi segmen pasarnya. Tidak hanya sebagai oleh-oleh saja, namun makanan ringan bisa menjadi teman sehari-hari menjalankan aktivitas atau jajanan anak-anak. Meski terkadang harga makanan ringan ini memang cukup murah namun jika ditelateni akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Dalam menjalankan bisnis makanan ringan kreativitas mengemas produk menjadi faktor yang cukup menentukan. Contoh sederhana adalah sukses bisnis keripik pedas Maicih, meski bahan dasar dari makanan ringan yang satu ini adalah singkong yang tentunya bukan barang baru, namun ternyata penjualannya sangat fenomenal. Kunci sukses bisnis keripik pedas Maicih ini ada pada kreativitas memberikan varian rasa pedas yang memiliki grade tertentu. Hal ini mendorong orang untuk mencicipi dan akhirnya bahkan ketagihan.

Inovasi Penting Dalam Bisnis Makanan Ringan

Menurut Pengamat kuliner Mia Rachmiati yang juga terlibat dalam Asosiasi Industri Kecil Makanan Agro (AIKMA) Bandung, kreativitas dan inovasi seseorang dalam meng”ulik” bahan dasar tertentu yang akan menentukan kesuksesan dalam bisnis makanan ringan. Bahan yang biasa-biasa saja jika diolah dan dikemas dengan luar biasa akan menghasilkan produk makanan ringan yang laris manis.

Hal lain yang menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis makanan ringan, menurut Mia adalah pada penentuan target pasar yang akan disasar. Penentuan target pasar bisnis makanan ringan adalah hal sangat penting. Misalnya saja ia mencontohkan , untuk Bandung pangsa pasar bisnis makanan ringan yang baling bagus adalah anak sekolah. Karena itu ia menyarankan untuk pelaku bisnis makanan ringan menyasar anak sekolah ini. Harga yang murah dan karakter anak sekolah yang suka jajan membuat peluang usaha makanan ringan di segmen ini cukup bagus.

Target Pasar Bisnis Makanan Ringan

Setelah target pasar bisnis makanan ringan pada segmen anak sekolah bisa dicapai, langkah selanjutnya adalah pengembangan pasar. Pengembangan pasar bisnis makanan ringan bisa ditingkatkan untuk pasar wisatawan. Sebenarnya bisnis makanan ringan ini di berbagai kota bisa dilakukan, tinggal menyesuaikan dengan kondisi setempat. Yang terpenting adalah bisa melakukan inovasi dalam mengelola produk dan bisnis makanan ringan.

Sumber:

http://www.merdeka.com/uang/mengintip-rahasia-bisnis-makanan-ringan.html

Bookmark and Share

Leave a Reply

Free WordPress Theme

WordPress͸╠Ô