Carica, Produk Segar dari Pegunungan Dieng

Anda sering dengar nama produk ini? Carica adalah sejenis buah pepaya bertipe kecil-kecil dan ada di sekitar pegunungan. Di Indonesia Carica ini yang terkenal dari pegunungan Dieng, antara Banjarnegara dan Wonosobo. Pepaya Carica ini secara kreatif, dibuat sebagai produk makanan manisan yang segar.Saya kurang tahu Carica ditemukan oleh siapa, namun dulu Carica dikembangkan oleh industri pengolahan Jamur terbesar negeri ini PT Dieng Jaya, dan setelah mengalami pailit, seluruh bentuk kerajinan makanan ini dijalankan oleh rakyat. Budidaya jamur rakyat di Indonesia juga baru muncul setelah PT ini bangkrut.

Carica, bentu aslinya adalah pepaya seperti pada gambar yang saya ambil di www.diengplateau.com. Carica ini memang berupa buah pepaya kecil tiga kali besar telur ayam. Buah ini juga banyak ditemukan di pasar tradisional Wonosobo dan Banjarnegara. Bahkan di pasar induk dan pasar pagi Wonosobo yang menempati terminal angkot dan dokar, juga banyak dijual.

Dengan beberapa pengolahan, dan pencampuran sirup, carica ini akhirnya menjadi sebuah manisan yang sangat segar untuk dikonsumsi.

Biasanya carica ini ada dalam beberapa bentuk kemasan, antara lain :

  1. Carica botol dalam kemasan botol seperti yang ada pada gambar pertama
  2. Carica cup/mangkok dalam kemasan mangkok seperti pada gambar dibawah
  3. Carica gelas dikemas dalam gelas plastik seperti gelas kemasan Air Minuman Dalam Kemasan

Carica ini biasanya jika dituang di dalam gelas, masih dapat ditambah air, karena biasanya cairan sirupnya masih sangat manis. Kualitas carica ini biasanya dinilai dari banyak hal, seperti tingkat tahan lamanya, kekenyalan buahnya (biasanya yang kenyal dan tidak terlalu keras), kesegaran sirupnya dan bumbu yang masuk di dalam buah carica ini. Biasanya yang paling disukai adalah kenyal namun bumbu sampai dalam. Carica ini merupakan buah dan produk pegunungan, namun sebenarnya akan sangat enak jika dikonsumsi di daerah panas seperti pantai dan kota besar.

Beberapa foto ini saya minta langsung dari pemilik Patara Carica, salah satu anggota komunitas perajin Carica di Wonosobo yang kebetulan juga menjabat sebagai pengelola komunitas ini, pak Toro. Menurut beliau, di Wonosobo pertumbuhan pengusaha carica tumbuh pesat setelah beberapa industri yang ada di Wonosobo bangkrut, dan setelah terjadi krisis ekonomi besar di Wonosobo akibat maraknya bisnis investasi berbau money game. Menurutnya pula, Carica ini akan potensial sekali sebagai produk bisnis yang bisa dijalankan dan menghubungkan antara daerah pegunungan dan daerah pantai.

Bookmark and Share

2 Responses for “Carica, Produk Segar dari Pegunungan Dieng”

  1. mei says:

    saya sedang menyusun skripsi, saya membutuhkan data mengenai produksi industri carica dan perkembanganya. saya membutuhkan contact person dari salah satu pengelola pengrajin carica. apakah saya bisa dibantu ??? terimakasih

    Reply

    bimosaurus Reply:

    Ada, banyak, apakah saya bisa menggunakan email yang anda gunakan pada comment ini?

    Reply

Leave a Reply

WordPress͸╠Ô

Free WordPress Themes