Bagaimana Kerajinan Perak Dibuat

perhiasan perakPERHIASAN PERAK — Meski perhiasan perak menempati posisi yang lebih rendah dibandingkan dengan perhiasan emas, namun perhiasan perak hasil kerajinan tangan banyak penggemarnya. Sebut saja Kawasan Kotagede ,Yogyakarta yang sudah semenjak turun temurun dari jaman dahulu kala menjadi pusat pengrajin perhiasan perak. Pada jaman dahulu perhiasan dari perak banyak dibuat secara handmade atau dibuat menggunakan tangan. Namun dengan semakin modern , perhiasan perak banyak dibuat menggunakan mesin dan cetakan.

Perhiasan Perak Handmade/Buatan Tangan

Awal mula kerajinan tangan perhiasan perak di Kotagede Yogyakarta merupakan hasil buatan tangan. Semua proses membuat perhiasan dari awal hingga finishing menggunakan tangan (handmade).

Pada model kerajinan perak handmade ini terdiri dari dua jenis yang diklasifikasikan berdasarkan materialnya, yaitu Filigree dan Solid Silver. Perak Filigree atau dikenal dengan perak Trap merupakan jenis kerajinan perak yang menggunakan bahan benang/kawat perak yang sangat lembut yang dipilin dan dipres/dibuat plat. Benang-benang perak inilah yang digunakan untuk membuat motif atau dekorasi kerajinan perak. Benang perak/filigree ini bukan hanya digunakan untuk membuat perhiasan/asesories saja, tapi juga digunakan untuk membuat bermacam-macam miniatur seperti miniatur becak, kereta kuda, harley davidson dan juga bermacam-macam hiasan dinding seperti hiasan motif wayang dan lain sebagainya.

Solid Silver, Kerajinan perak ini berbahan utama perak lempengan/lembaran perak. Material ini lebih fleksibel untuk dibentuk atau digunakan membuat kerajinan perak. Biasanya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat perlengkapan makan dari perak seperti nampan, piring, mangkok dan lain sebagainya. Selain itu juga sering digunakan untuk membuat miniatur dan perhiasan-perhiasan.Perhiasan dari solid silver , Alat makan dari solid silver, Alat minum dari solid silver.

Kerajinan Perak Hasil Cetakan/Casting

Menggunakan cara produksi handmade menjadi tidak efisien dalam memenuhi permintaan kerajinan perak dalam jumlah besar sedang waktunya terbatas. Karena itu kerajinan perak hasil cetakan menjadi pilihan bagi para pengrajin perak.

Dalam membuat kerajina perak dengan sistem cetak/casting ini menggunakan beberapa teknik. Teknik castingkerajina perak ini ada yang menggunakan peralatan sederhana sampai penggunaan mesin casting sentrifugal yang mahal harganya. Dan biasanya produk perhiasan yang ada di pasaran dibuat dengan mesin casting sentrifugal.

Proses pembuatan kerajina perak dengan sistem cetakan ini diawali dengan pencairan logam perak dan tembaga . Kemudian cairan tersebut dituangkan pada cetakan yang telah disiapkan sebelumnya sesuai bentuk yang dinginkan. Sekali proses pencetakan dilakukan dengan mesin casting sentrifugal bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan produk perak.

Kerajinan Perak Buatan Mesin

Cara lebih modern dalam membuat kerajina perhiasan perak adalah menggunakan mesin. Pada prinsipnya kerajinan perak dengan mesin ini seperti sistem produksi massal seperti casting, namun menggunakan mesin sebagai pengganti mesin casting.

Berbagai macam perhiasan perak yang dibuat dengan mesin ini antara lain kalung dan gelang rantai. Sama halnya dengan mesin casting, mesin pembuat perhiasan ini harganya juga cukup mahal. Di Indonesia kerajinan perak yang dibuat dengan mesin banyak berasal dari Jawa Timur. Jadi mana perhiasan perak yang anda pilih? Yang jelas selain artistik perhiasan juga harus kuat dari segi konstruksinya.

Sumber:

http://www.udperakjaya.com/news/35/Seputar-Industri-Kerajinan-Handmade

Bookmark and Share

Leave a Reply

Weboy

WordPress Blog