Mengisi Masa Pensiun Dengan Ternak Ayam Pelung

ternak-pelungUSAHA TERNAK AYAM PELUNG — Masa pensiun bukan berarti berhenti segala aktivitas dan pekerjaan, bahkan masa pensiun bisa dijadikan sebagai waktu yang produktif segaligus menyenangkan. Itulah yang dilakukan oleh H. Martedjo, warga Jalan Majapahit No 56 Kelurahan Doplang, Purworejo, Jawa Tengah. Setelah Pensiun dari pekerjannnya sebagai karyawan PT Perkebunan Jawa Barat H.Martedjo disibukkan dengan kegiatan usaha ternak ayam Pelung. Puluhan ayam pelung berbagai ukuran ada di rumahnya.

Menurut H.Martedjo, ia memelihara Ayam Pelung karena memiliki banyak keistimewaan dibandingkan ayam lainnya. Menurutnya ayam pelung memiliki kluruk (kokok) yang khas, ayam pelung juga berukuran besar, cerdas, dan setiakawan. H.Martedjo memilih beternak ayam pelung karena di Purworejo belum ada yang mengembangkannya. Sehingga diharapkan prospeknya bagus. Peternak ayam di Purworejo kebanyakan memilih ayam pedaging, petelor, ayam kampung atau ayam bangkok.

Meski usahanya beternak Pelung cukup sukses, bukan berarti tidak mengalami hambatan. Pasang surut usaha seperti usaha lainnya juga dialami oleh H.Martedjo yang memberi nama usahanya dengan nama Mulus Rahayu. Ada masa ketika pembeli datang silih berganti hingga kehabisan stok, tapi pernah pula mengalami masa surut ketika uang simpanan terkuras habis saat jumlah ayamnya terus bertambah tetapi pembelinya berkurang drastis. Akibatnya modal habis untuk membeli pakan. Alhasil, ayam-ayam pelungnya terpaksa dijual murah demi mengurangi pengeluaran.

Namun bagi H.Martedjo, semua itu dilakoni dengan penuh kesenangan dan kesabaran. Membidik peluang bisnis yang menjanjikan tidaklah mudah. Setiap orang harus jeli melihat perkembangan pasar, seorang pengusaha juga harus sabar, tekun dan mau kerja keras dalam menjalankan bisnisnya.

Sumber:
purworejonews

Bookmark and Share

Leave a Reply

Premium WordPress Themes

Free WordPress Theme