Membuat Ramuan Herbal Untuk Ternak Ayam Organik

ayam-organikRAMUAN HERBAL AYAM ORGANIK — Kendala yang dihadapi oleh para peternak ayam organik adalah masalah ketersediaan bahan pakan dan obat-obatan. Meski semua bahan obat dan pakan untuk ternak ayam organik tersedia di sekitar kita, namun ketidaktahuan dalam membuatnya menjadi masalah tersendiri. Di Indonesia sendiri telah dikenal sebagai Negara dengan kekayaan hayati tumbuhan obat yang tinggi,dan warisan budaya dalam pemanfaatan tamanan obat. Tanaman obat (herbal) dapat menjadi produk JAMU yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pencegahan dan penyembuhan penyakit serta pemulihan kesehatan.

Di negara China , obat herbal sebagai jamu untuk ternak ayam justru sudah berkembang luas, yang digunakan sebagai feed aditive.olisakarida yang terdapat didalam herbal merupakan komponen penting sebagai ‘immuno modulator’ sehingga “immuno active polysaccarides” yang terdapat dalam tanaman obat sangat baik digunakan sebagai “feed addive” dalam ransum unggas atau air minum.

Disamping itu ramuan herbal yang terdiri atas bahan-bahan pilihan dibuat jamu melalui proses fermentasi telah diuji pada ternak unggas (ayam broiler). Jamu herbal tersebut dapat digunakan sebagai probiotik, pengganti antibiotic yang biasa diberikan oleh peternak melalui air minum, sehingga diperoleh produk daging ayam yang aman dan bebas residu antibiotik.

Bahan Ramuan Herbal Untuk Ayam Organik

Ramuan herbal yang digunakan adalah formula yang berfariasi dari berbagai kombinasi jenis tanaman obat. Dalam aplikasi hasil uji jamu ramuan herbal untuk ayam organik terdiri atas Kencur, Temulawak, Temuireng, Lempuyang, Lengkuas, Kunyit, Sambilato, Daun sirih, Buah mojo pahit, Cabe jawa, Jahe merah dan Bawang putih.

Setiap 1 kg ramun herbal, diambil sarinya,ditambahkan molasses atau gula merah (125 ml) dan mikroba starter (125 ml), dan air sampai volume menjadi 10 Liter, Kemudian difermentasi anaerob selama 6 hari. Setelah 6 hari larutan jamu herbal dapat di gunakan untuk ternak unggas dengan dosis 5 ml perliter air minun. Jamu herbal ini dapat di simpan selama 6 bulan pada suhu ruang.

Setelah diaplikasikan pada ternak ayam, ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari ramuan herbal ini:
1. Meningkatkan daya tahan ternak terhadap stress dan penyakit
2. Meningkatkan kualitas daging ayam
3. Menekan moralitas ayam selama pemeliharaan. Tidak di perlukan imbuhan antibiotik & antistress lain dalam air minum
4. Ramah lingkungan, mengurangi bau ammonia kotoran / kandang
5. Kotoran ayam lebh kering
6. Di hasilkan produk ayam organik aman di konsumsi dan bebas residu antibiotik

Sumber:

http://bp4kkabsukabumi.net/index.php/Peternakan/Ramuan-Herbal-Penghasil-Ayam-Organik.html

Bookmark and Share

Leave a Reply

WordPress Themes

Free WordPress Theme