Hobi Memelihara Kelinci Hias Yang Membawa Hoki

MEMELIHARA KELINCI HIAS — Hobi terkadang memang membawa hoki tersendiri bagi pelakunya, termasuk hobi memelihara Kelinci Hias. Banyak orang memelihara kelinci hias karena kecantikan dan keindahan bulu-bulunya, termasuk yang dilakukan Edi, 25, warga Baso, Agam, Sumatra Barat. Awalnya ia memelihara kelinci hias karena suka saja,namun ternyata hobi memelihara kelinci hias ini justru membawa keuntungan tersendiri baginya.Meski ia tidak memasarkan kelinci hias secara terbuka , namun nyatanya ada saja pembeli yang datang ke rumahnya.

Di rumahnya terdapat berbagai jenis kelinci hias yang ia pelihara antara lain jenis fuzy lop, rex carpet, flams, anggora, serta sejumlah kelinci impor lainnya.Jumlah kelinci peliharaanyya mencapai lebih dari 300 ekor.

Menurutnya peluang bisnis kelinci hias cukup terbuka lebar, hal ini didasarkan pada peminat kelinci hias yang berasal dari berbagai kalangan. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa pasti menyukai keindahan kelinci hias ini.Harga jual dari kelinci hias tidak memiliki patokan yang begitu jelas hanya berdasar hobi dan kesukaan pembeli. Harganya pun tidak berpatokan pada besarnya ukuran badan, atau umur kelinci tapi ditentukan oleh keindahannya.

Untuk merawat dan memelihara kelinci hiaspun tidak terlalu sulit.Yang dibutuhkan dalam memelihara kelinci hias adalah ketelatenan yang tinggi, karena perawatannya berbeda dengan kelinci lokal atau kelinci pedaging. Setiap hari kandang kelinci hias harus dibersihkan untuk menjaga keindahan bulu-bulunya. Selain itu kelinci hias perlu diberikan vitamin untuk kesehatan tubuhnya.

Makanan kelinci hias tidak ada bedanya dengan kelinci lokal atau kelinci pedaging. Makanan yang diberikan adalah rumput, dedaunan dan umbi-umbian. Sedangkan konsentrat kelinci diberikan sebagai makanan tambahan saja.Alhasil jika makanan terpenuhi dan kebersihan kandang terjaga keindahan kelinci hias bisa mendatangkan hoki tersendiri.(/ciputraentrepreneurship).

Bookmark and Share

9 Responses for “Hobi Memelihara Kelinci Hias Yang Membawa Hoki”

  1. sintakartika says:

    saya pernah memelihara kelinci anggora, memang sangat sulit untuk merawatnya tetapi ada kebanggan sendiri jika bisa menjadikan kelinci kesayangan itu sehat dan berkembang biak.. dari situ saya bisa belajar merawat kelinci dan berawal dari kesukaan bisa menjadi keuntungan.

    Reply

  2. paksya says:

    mhn masukan dari tmn2 peternak kelinci.
    1. lebih prospek mana usaha ternak kelinci pedaging dengan kelinci hias
    2. nilai jualnya lbh mahal mana kelinci pedaging dg kelinci hias
    3. bagaimana jika kita menggabungkan keduanya dalam satu pengelolaan ternak

    bsr harapan saya ada yang bs memberikan masukan, suwun

    Reply

    galeriukm Reply:

    Masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau nilai jualnya lebih tinggi kelinci hias, namun pasarnya lebih luas kelinci pedaging

    Reply

  3. untung setya budi says:

    Assalamualikum,,,,,
    dengan modal 10 juta apakah cukup untuk bisnis kelinci hias dan pedaging,??trs untuk pembuatan kandang ukurannya brapa???mohon jawabanya y pak??bisa hubungi saya lewat imail untung_medic@yahoo.com

    Reply

    galeriukm Reply:

    Saya Rasa sudah cukup pak

    Reply

    Charles Reply:

    Dear pak Untung,

    Saya rasa itu sdh lebih dari cukup pak, saya mulai dari 3 pasang indukan saja dgn 3 kandang, dan dimana untuk indukan saja tidak memakan biaya 1jt, untuk pembuatan kandang, dgn grade A, untuk 1 kandang ukuran 50×50 kurang lebih biaya 100rb, jadi jika bapak punya dana 10jt, itu sdh sangat lebih dari cukup, yg jadi pertanyaan skrng adalah, “APAKAH BAPAK NIAT MENJALANINYA??”

    Reply

  4. amelia says:

    bisa mnta alamat dam no hp pak edi nya

    Reply

    galeriukm Reply:

    Mohon maaf,Kebetulan kami tidak memilikinya.

    Reply

    Charles Reply:

    Menjual anakan, untuk jenis lokal dan hias….ada berminat??please inbox to my facebook….alexis.lexis123@gmail.com and alexis.lexis123@yahoo.co.id

    BR// Charles

    Reply

Leave a Reply

WordPress Blog

WordPress͸╠Ô